Kamis, 14 Mei 2009

SOSIALISME

Cita-cita sosialisme
Gagasan bahwa kekayaan dunia ini merupakan milik semua, bahwa pemilikan bersama lebih baik daripada pemilikan pribadi. Pemilikan bersama akan menciptakan dunia menjadi lebih baik, membuat sama situasi ekonimis semua orang, meniadakan perbedaan antara si miskin dan si kaya, menggantikan usaha mengejar keuntungan pribadi dengan kesejahteraan umum. Dengan demikian segala sumber segala keburukan sosial akan dihilangkan, tidak akan ada lagi peperangan, semua orang akan menjadi saudara.
Hak milik pribadi membuat manusia menjadi egois dan akan menghancurkan keselarasan manusai alami. Manusia tentunya bisa digambarkan seperti makhluk hidup yang buas, dan itu akan menyebabkan tidak akan terjadi atau tercapainya suatu cita-cita penghapusan milik pribadi, kewaijban setiap orang untuk bekerja dan hak semua orang, pengorganisasian produksi oleh negara sebagai sarana untuk menghapus kemiskinan dan penghisapan orang kecil.
Keyakinan bahwa kekayaan dan persaingan yang tidak terkontrol niscaya akan mengakibatkan kemiskinan dan krisis yang terus bertambah,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar